Thursday, January 25, 2007

GPS Tracking

Global Position System memberikan nilai dimana posisi kita berada di muka bumi berdasarkan koordinat rupa bumi. Pada dasarnya alat penerima GPS mengkalkulasi sinyal yang dipancarkan oleh satelite GPS dan mengeluarkan koordinat posisi dimana alat itu berada. Untuk dapat mengkalkulasi koordinat tersebut minimal GPS menerima 3 sinyal satelit.

Kalau hanya bisa menerima sinyal GPS dan mengeluarkan data koordinat, bagaimana bisa di tracking??
tentu dibutuhkan satu alat/modul lagi untuk mengirimkan data koordinat tersebut ke alat penerima. Cara pengiriman data koordinat tersebut bermacam2. baik secara offline ataupun online.

Secara offline dalam artian, data koordinat disimpan dulu dalam memory yang terpasang di alat tersebut. hal ini tidak bisa digunakan apabila kita membutuhkan realtime koordinat alat dari suatu tempat. Pengiriman data koordinat secara online dengan interval tertentu bisa melalui via Frekuensi radio, gsm, gprs atau media-media lainnya.

Pengiriman via frekuensi radio memerlukan tower-tower untuk menangkap sinyal data. ini menimbulkan beberapa kelemahan yaitu daya jangkau rendah tergantung banyaknya tower radio yang dibangun serta biaya yang mahal untuk investasi tower dan peralatan radio.

Via GSM (sms), data dikirimkan dalam format sms dalam interval tertentu ke server penerima.
Keuntungan adalah Penerimaan data lebih cepat dan posisi server bisa dimana saja dalam jangkauan jaringan GSM. sedangkan kekurangannya adalah biaya operasional lebih mahal daripada via gprs.

Via GPRS, data dikirimkan dalam format tcp/ip ke server vendor. data via GPRS mengharuskan adanya server yang memiliki IP Public untuk menerima data tersebut.

setiap data yang dikirimkan oleh alat dengan via apapun akan diolah diserver dan ditumpangkan dengan peta digital yang ada agar dapat divisualisasi dalam monitor. Pergerakan dan posisi alat dengan mudah "dibaca".

Dengan konsep demikian tentu penerapan dalam kehidupan akan banyak sekali. Dari sisi bisnis, ini merupakan peluang yang besar. Armada taksi, kurir dan persewaan kendaraan/mobil merupakan potensi yang memerlukan teknologi ini.

Kalau semua unit mobil Pemerintah dipasang sistem seperti ini, apa bermanfaat ya?? hehehe.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home