Thursday, January 25, 2007

Membuka Web lebih Kencang

Merasa bosan menunggu loading halaman web lambat? kebanyakan iklan dan popup? atau quota speedy anda jebol? dan berbagai alasan yang intinya ingin cepat serta hemat dalam berinternet ria. ;) Beberapa trik untuk mengatasi hal tersebut akan saya tuliskan. semoga bisa membantu :)

Untuk personal user dan menggunakan Firefox, kita bisa menggunakan plugins Fasterfox dan AdBlock Plus.Plugins Fasterfox sebagai utility untuk mentuning Firefox kita dalam memproses web sedangkan AdBlock Plus untuk mencegah Firefox mengunduh images,iklan, halaman dalam frame atau file type lain. Set Fasterfox sesuai dengan jenis koneksi ke internet. pilih Optimized atau Turbo Charged.
Beberapa contoh Filter untuk AdBlock Plus adalah sebagai berikut :
  • http://ads.*
  • http://ad.*
  • adbrite.com
  • http://*.googlesyndication.com/
  • tribalfusion.com
Anda bisa menambahkan sendiri dengan cara melihat dari source halaman yang banyak memiliki iklan. kemudian tinggal menambahkan kedalam filter AdBlock Plus. Pada halaman tertentu File video atau audio yang jalan otomatis pada saat loading juga perlu dimatikan.

Sebagai Network Admin, melakukan konfigurasi ke user tentu cukup melelahkan. cara mudah adalah dengan menggunakan proxy. dengan konfigurasi yang benar, proxy akan membatasi penggunaan user serta dapat memonitor penggunaan internet. proxy server yang biasa saya gunakan adalah Squid-cache dan penerapan ACL (Access Control List) yang mantap.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home